RPP BIOLOGI SMA KELAS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : MAS PROYEK UNIVA MEDAN
Mata pelajaran : BIOLOGI
Kelas/semester : XI IPA/ genap
Pertemuan : 3 x pertemuan
Alokasi waktu : 6 x 45 menit

STANDARD KOMPETENSI : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
KOMPETENSI DASAR : 3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan



INDIKATOR:
1.Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
2.Menjelaskan mekanisme pernapasan pada manusia
3.Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru.
4.Menjelaskan proses pertukaran gas.
5.Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia
6.Mengamati sistem pernapasan pada hewan vertebrata
7.Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata


I. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan pada manusia serta dapat menjelaskan proses pernapasan pada beberapa hewan

II. MATERI AJAR
•Organ-organ dan fungsinya pada sistem pernapasan manusia meliputi :
1. Hidung,
2. Saluran pernapasan,
3. Paru-paru
•Mekanisme pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia
•Volume-volume udara yang dipernafaskan
•Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
•Sistem pernapasan pada hewan vertebrata
•Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia

III. METODE PEMBELAJARAN
•Studi membaca
•Pengamatan
•Diskusi
•Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 5 (2 jam pelajaran)
A.Kegiatan Awal (10 Menit)
•Guru memberi salam
•Guru mengabsen siswa
•Melaksanakan pretes untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi baru

B.Kegiatan Inti (70 Menit)
•Guru memberikan pertanyaan tentang pengertian sistem pernapasan kepada beberapa siswa
•Siswa menjawab pertanyaan guru
•Guru meminta salah seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan pengertian bernapas
•Guru menunjukan gambar sistem pernapasan manusia
•Siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya
•Guru meminta seorang siswa memperagakan dengan menggunakan dada, kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada
•Guru meminta siswa lain memperagakan pernapasan perut, kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan perut
•Guru meminta siswa untuk mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru dan memintanya untuk memperagakannya
•Guru memperagakan mengukur kapasitas paru-paru dengan kegiatan 7.1
•Siswa bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi

C.Kegiatan Akhir (10 Menit)
•Guru dan siswa menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru

PERTEMUAN 6 (2 jam pelajaran)
A.Kegiatan Awal (15 Menit)
Guru mengabsen siswa
•Guru memberi salam
•Apersepsi : Guru menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
•Guru menanyakan penyebab dihasilkannya CO2 padahal yang masuk O2

B.Kegiatan Inti (65 Menit)
•Guru meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran O2 dan CO2 dari buku
•Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas
•Guru menunjukan contoh gambar-gambar orang yang terkena penyakit/gangguan sistem pernapasan
•Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia

C.Kegiatan Akhir (10 Menit)
•Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran O2 dan CO2 dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia
•Guru memotivasi siswa

PERTEMUAN 7 (2 jam pelajaran)
A.Kegiatan Awal (15 Menit)
•Guru memberi salam
•Guru mengabsen siswa
•Apersepsi

B.Kegiatan Inti (60 Menit)
•Guru memperlihatkan ikan gembung kepada siswa
•Guru memberikan pertanyaan tentang alat pernapasan ikan
•Guru meminta salah seorang siswa untuk membedah ikan dan mengeluarkan insangnya
•Guru memperlihatkan bentuk insang ikan kepada siswa dan memintanya untuk mengamati
•Guru dan siswa mendiskusikan sistem pernapasan pada beberapa hewan
•Guru meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan

C.Kegiatan Akhir (15 Menit)
•Siswa bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan hewan
•Guru melaksanakan uji kompetensi tertulis


V. ALAT/BAHAN/SUMBER
ALAT :
•Charta sistem pernapasan manusia
•LCD
•Seperangkat alat pengukur kapasitas vital paru-paru
BAHAN :
•Ikan gembung (Decapterus kurroides)
SUMBER :
•Oman Karmana, “Biologi SMA XI” Grafindo KTSP 2006
•Buku Paket Biologi Penerbit Sinergi
•LKS

VI. PENILAIAN
•Uji kompetensi tertulis (TERLAMPIR)

Mengetahui, Medan, Februari 2011
Kepala MAS.Proyek UNIVA Medan             Guru Pamong                       Guru PPL


Sofyan Daulay, S.PdI                                 Ir. Sukamto                          Ponirah,S.Si

2 komentar:

Anonim mengatakan...

maatur nuwon,,,,

asror pringsewu lampung mengatakan...

oke lah kalu begitu,,

Poskan Komentar