RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : MAS PROYEK UNIVA MEDAN
Mata pelajaran : BIOLOGI
Kelas/semester : XI IPA/ genap
Pertemuan : 4 x pertemuan
Alokasi waktu : 8 x 45 menit

STANDARD KOMPETENSI: 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin serta implikasinya pada salingtemas.

KOMPETENSI DASAR: 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia).

 INDIKATOR:
1.Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana
2.Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh
3.Menghubungkan struktur dan fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia.
4.Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar
5.Membandingkan struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata.
6.Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pencernaan makanan.


I.TUJUAN PEMBELAJARAN:
Menjelaskan berbagai struktur dan fungsi organ-organ pencernaan manusia, Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada hewan ruminansia serta mendeskripsikan kemungkinan penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan manusia.

II. MATERI AJAR
•Zat gizi dan fungsinya bagi manusia
•Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
•Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi : Saluran pencernaan : mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar. Kelenjar Pencernaan meliputi : lambung, hati, pankreas, kelenjar usus.
•Proses pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
•Sistem pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia
•Berbagai gangguan dan penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia.

III. METODE PEMBELAJARAN
•Ceramah
•Tanya jawab
•Demonstrasi (praktikum)
•Penugasan
•Kajian Pustaka


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
A.Kegiatan Awal (15 Menit)
•Guru memberi salam
•Guru mengenalkan diri
•Guru mengabsen siswa sambil mengenali masing-masing siswa
•Melaksanakan pretest untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi baru

B.Kegiatan Inti (65 Menit)
•Masing-masing siswa menyiapkan buku pelajaran dan membuka buku paket bab VI tentang sistem pencernaan
•Guru memberikan pertanyaan tentang makna makanan, zat makanan dan sistem pencernaan makanan
•Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan
•Guru dan siswa menjawab pertanyaan dari pretes
•Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh
•Guru menjelaskan bahwa bahan makanan dapat diuji kandungan gizi nya dengan kegiatan 6.1 tes bahan makanan.
•Guru membagi kelompok praktikum untuk tes bahan makanan.


C.Kegiatan Akhir (10 Menit)
•Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan tentang zat makanan beserta fungsi nya bagi tubuh
•Guru memotivasi siswa untuk membaca ulang dirumah prosedur praktikum tes bahan makanan
•Guru mengingatkan siswa agar membawa bahan makanan yang akan diujikan pada pertemuan berikutnya

PERTEMUAN 2
A.Kegiatan Awal (15 Menit)
•Guru memberi salam
•Guru mengabsen siswa
•Apersepsi
•Motivasi

B.Kegiatan Inti (65Menit)
•Guru mendemonstrasikan pengujian bahan makanan dengan biuret, lugol, fehling A dan B dan kertas koran untuk melihat reaksi positif yang dihasilkan
•Siswa memperhatikan serta melakukan praktek tentang uji makanan dari bahan makanan yang dibawa
•Siswa mengamati dan mencatat hasil perubahan warna yang terjadi dari masing-masing bahan makanan yang berbeda pada table pengamatan
•Siswa mencatat hasil pengujian bahan makanan kemudian menyimpulkan kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan tersebut.
•Guru melaksanakan penilaian seputar praktikum
•Siswa mengembalikan alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan meja kerja

C.Kegiatan Akhir (10 Menit)
•Guru memberikan pertanyaan seputar praktikum uji makanan
•Siswa bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan
•Siswa mengumpulkan laporan hasil praktikum

PERTEMUAN 3
A.Kegiatan Awal (15 Menit)
•Guru memberi salam
•Guru mengabsensi siswa
•Apersepsi
•Melaksanakan pretest
B.Kegiatan Inti (60 Menit)
•Guru menggambarkan atau menempelkan charta sistem pencernaan di papan tulis dan mempertanyakan sistem pencernaan secara umum
•Guru memberi penjelasan struktur dan fungsi organ-organ sistem pencernaan manusia dan ruminansia beserta proses nya
•Guru memberi pertanyaan seputar penyakit dan gangguan pada sistem pencernaan
•Siswa menjawab pertanyaan dan menyebutkan satu persatu penyakit dan gangguan sistem pencernaan

C.Kegiatan Akhir (15 Menit)
•Guru dan siswa menyimpulkan materi sistem pencernaan
•Guru memberi tugas kelompok
•Kelompok I : mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang bahaya zat adiktif pada makanan bagi kesehatan (dibuat dalam bentuk mading)
•Kelompok II : mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan atau penyakit yang terdapat dalam sistem pencernaan beserta tindakan pengobatan nya baik secara alami maupun medis (dibuat dalam bentuk klipping)
•Kelompok III : membuat gambar skema sistem pencernaan manusia dan penjelasan prosesnya
•Kelompok IV : membuat gambar skema sistem pencernaan ruminansia dan penjelasan proses yang terjadi serta perbedaan nya pada sistem pencernaan manusia

PERTEMUAN 4
A.Kegiatan Awal (5 Menit)
•Guru memberi salam
•Guru mengabsensi siswa

B.Kegiatan Inti (80 Menit)
•Guru memberikan kesempatan waktu kepada masing-masing kelompok siswa untuk melanjutkan tugas kelompoknya yang belum selesai
•Masing-masing kelompok siswa mempresentasikan tugas kelompoknya ke depan kelas disertai dengan tanya jawab diantara siswa
•Guru melaksanakan penilaian terhadap sikap dan kekompakan masing-masing kelompok siswa

C.Kegiatan Akhir (5 Menit)
Guru memberikan komentar atas hasil dan kerja kelompok siswa
•Siswa mengumpulkan hasil tugas kelompoknya
•Guru melaksanakan uji kompetensi tertulis pilihan berganda tentang sistem pencernaan


V. ALAT/BAHAN/SUMBER
ALAT :
•Charta sistem pencernaan manusia
•Charta sistem pencernaan ruminansia
•Seperangkat alat uji makanan
BAHAN :
•Regen biuret
•Lugol
•Fehling A dan Fehling B
•Kertas koran
•Beberapa bahan makanan : nasi, roti, tempe, tahu, ikan teri, margarin dan susu
SUMBER :
•Oman Karmana, “Biologi SMA XI” Grafindo KTSP 2006
•Buku Paket Biologi Penerbit Sinergi
•LKS


VI. PENILAIAN
•Laporan hasil praktikum uji makanan → ranah kognitif
•Sikap dan ketrampilan siswa selama praktikum → ranah afektif dan psikomotorik
•Uji kompetensi tertulis → ranah kognitif
Klipping tentang gangguan pencernaan, pengobatan dan pencegahan nya
•Mading tentang bahaya zat adiktif pada makanan
Gambar skema sistem pencernaan manusia
•Gambar skema sistem pencernaan ruminansia

Mengetahui, Medan, Januari 2011
Kepala MAS.Proyek UNIVA Medan          Guru pamong                    Guru PPL

Sofyan Daulay, S.PdI                                Ir. Sukamto,S.Pd             Ponirah, S.Si

0 komentar:

Posting Komentar